Nike Dituduh Hina Islam karena Bikin Lafal Allah di Alas Sepatu

Suara.com – Umat Muslim dari berbagai negara dikabarkan marah dan mengecam perusahaan sepatu olah raga yang berbasis di Amerika Serikat , Nike , karena dianggap mengghina Allah SWT.

Pasalnya, mereka yang marah mengklaim, Nike sengaja membuat logo mirip tulisan lafal Allah dalam bahasa Arab di sol alias telapak sepatu produknya.

Seperti diberitakan Sputnik, laman berita daring Rusia, tulisan yang mirip lafal Allah dalam bahasa Arab itu terdapat pada sol sepatu Nike tipe Air Max 270 yang mulai dipasarkan sejak tahun lalu.

Kekinian, umat Muslim yang marah mendesak Nike menarik semua sepatu tipe Air Max 270 itu dari semua gerainya di seluruh dunia.

Nike menggunakan teks dan font alias bentuk khusus untuk ditempatkan pada sol sepatu Air Max 270. Namun sejumlah orang yang “bermata elang” menyebut logo itu memiliki kesan religius.

Alhasil, kekinian, terdapat petisi yang digalang secara daring untuk mendesak Nike menarik semua produk sepatu tipe tersebut.

Petisi itu dimulai oleh seseorang bernama Saiqa Noreen. “Nike sungguh keterlaluan karena membiarkan nama Tuhan di alas sepatu. Ini tidak sopan dan sangat ofensif terhadap Muslim dan menghina Islam ,” tulisnya sebagai pengantar petisi.

Kekinian, petisi Saiqa Noreen tersebut telah diteken oleh 6.000 warganet.

Pada dua dekade lalu, persisnya tahun 1997, Nike pernah terjerat kontroversi serupa. Kala itu, Nike terpaksa menarik ribuan pasang sepatu karena mendapat protes dari pelanggannya beragama Islam.

Sebab, saat itu, tulisan ”Air” pada sepatu Nike ditulis memakai jenis huruf yang mirip aksara Arab berlafal Allah.