Kemhub terus kaji pelabuhan premium Bakauheni sebelum beroperasi

Kementerian Perhubungan (Kemhub) sedang melakukan kajian jelang operasional pelabuhan premium Bakauheni. Kajian ini dilaksanakan bertepatan dengan arus lalu lintas Natal dan Tahun Baru.

“Begitu tol Lampung sampai Palembang terhubung, kajiannya akan saya lihat demand-nya berapa persen,” ungkap Direktur jenderal Perhubungan Darat Budi Setyadi, Senin (10/12).

Dia mengatakan apabila toleransi kenaikan 15% hingga 20% pada ruas jalan tol Lampung-Palembang, kapasitas 70 kapal di dermaga Bakauheni masih mencukupi. Apabila melebihi toleransi tersebut, Budi baru akan menambah lintasan dan izin baru bagi kapal feri.

Dia menjelaskan sesuai dengan peraturan menteri No. 88 tahun 2014, hingga 24 Desember pemerintah harus mengeluarkan kapal 5000 GT ke bawah. Namun apabila melebihi batas tanggal tersebut pihaknya tidak akan memberikan surat izin Daftar Poker.

Hingga saat ini masih ada beberapa kapal yang belum di keluarkan. “Tapi kapal baru sudah datang sebagai pengganti,” imbuhnya.

Rencananya, soft launching dermaga premium dilakukan pada pertengahan Desember 2018. Sejumlah fasilitas dermaga premium sudah bisa digunakan setelah soft launching.

Utamanya, fasilitas penyeberangan. Sementara, fasilitas perbelanjaan baru akan operasional setelah grand launching.

Dengan menyandang status premium, dermaga tersebut dilengkapi dengan fasilitas yang menunjang calon penumpang kapal roll on roll off  (roro).

Dermaga Premium Pelabuhan Bakauheni memiliki tiga lantai. Setiap lantai dihubungkan dengan eskalator atau tangga berjalan.

Fasilitas Dermaga Premium Pelabuhan Bakauheni berbeda dengan fasilitas dermaga lainnya. Dermaga tersebut dilengkapi dengan fasilitas hotel.

Selain itu, fasilitas Dermaga Premium Pelabuhan Bakauheni juga dilengkapi dengan pusat perbelanjaan. Pusat perbelanjaan akan berisi mulai dari food court, outlet cendera mata, outlet oleh-oleh, dan sebagainya.

Dermaga premium juga dilengkapi garbarata, layaknya pesawat terbang. Dermaga premium disediakan khusus untuk penumpang mobil pribadi dan pejalan kaki.

Calon penumpang yang menggunakan Dermaga Premium Pelabuhan Bakauheni juga akan dimanjakan dengan waktu tempuh yang lebih cepat.

Waktu tempuh penyeberangan Selat Sunda pada umumnya membutuhkan waktu sampai 2,5 jam. Sementara, penumpang yang menggunakan dermaga premium, bisa menyeberangi Selat Sunda hanya dalam waktu 1 jam.

Bakal ada empat unit kapal roro khusus yang akan beroperasi di dermaga premium. Keempat kapal roro tersebut, yaitu:

1. KMP Portlink III

2. KMP Sebuku

3. KMP Batu Mandi

4. KMP Portlink 00.