Jokowi Sidak ke SMPN 1 Muara Gembong, Siswa Heboh Teriak Minta Foto

Suara.com – Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan inspeksi mendadak atau sidak di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Rabu (30/1/2019). Kedatangan Jokowi yang secara mendadak langsung disambut dengan kehebohan siswa.

Berdasarkan pantauan Suara.com sejumlah pelajar terlihat berlari-larian untuk bisa menemui orang nomor satu di Indonesia itu dan mengabadikan kedatangan Jokowi.

“Pak Jokowi, pak Jokowi, pak pak, foto pak,” teriak para siswa SMP yang mayoritas mengenakan jilbab.

Namun Jokowi tampak langsung mengecek ruangan- ruangan kelas yang kondisinya tidak layak di SMP tersebut. Jokowi tampak memasuki dua ruangan kelas yang sudah tidak layak.

Dua ruangan kelas tersebut terlihat usang tak terawat dan hanya berisikan bangku-bangku yang rusak. Jokowi mengatakan kedatanganya untuk sidak bangunan SMPN 1 Muara Gembong yang kondisinya rusak parah.

“Kami ini belok sidak sajalah. Yang saya dengar SMP 1 Muara Gembong ini, bangunannya parah,” ujar Jokowi di lokasi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menuturkan sejak tahun 1984, sekolah tersebut kurang terawat. Hal ini, kata Jokowi, karena tak pernah adanya pemeliharaan dan perbaikan terhadap dua ruangan kelas yang tak layak.

“Tadi saya tanya ke kepala sekolah, sejak tahun 1984 tidak pernah ada pemeliharaan dan perbaikan sehingga keadaannya dua kelas yang sudah sangat parah ini. Kelas yang lain juga sama, plafonnya sudah nggak layak sehingga anak-anak ini ada yang masuk kelas siang. Tadi saya dengar di kampung seperti itu sehingga saya belok ke sini dan benar,” kata dia.

Karenannya, dirinya menginstruksikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk memperbaiki ruang sekolah yang rusak dengan menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

“Saya sudah perintahkan Kementerian PUPR, Maret sudah dikerjakan. Jumlah siswanya di sini ada 690 (siswa -siswi). Banyak sekali siswa siswi di sini tapi sarana dan prasarananya seperti ini,” tandasnya.

Dalam sidak ini Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Jokowi datang mendadak usai menghadiri acara Panen Raya Udang Vaname, peninjauan Program Mekaar PNM, dan meninjau program pemasangan instalasi listrik.