Hashim Sebut Keturunan PKI Boleh Dukung Prabowo, BPN: Semua Punya Hak Sama

Suara.com – Juru Kampanye Nasional (Jurkamnas) Badan Pemenangan Nasional (BPN) Ahmad Riza Patria mengklarifikasi soal ucapan adik Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto, Hashim Djojohadikusumo yang menyebut tidak menutup dukungan dari keturunan Partai Komunis Indonesia (PKI).

Menurutnya, maksud Hashim tersebut adalah semua orang yang terdaftar sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) berhak menggunakan hak pilihnya untuk mendukung Prabowo. Riza menyebut ucapan Hashim itu sebagai contoh kalau pihaknya tidak membeda-bedakan soal dukungan dari masyarakat.

“Maksud Pak Hashim, seluruh warga negara Indonesia, sebagaimana diatur dalam UUD 1945 dan UU Pemilu, punya untuk memilih dan dipilih. Mau agamanya apa, sukunya apa, latar belakangnya apa, ya punya hak,” kata Riza di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senin (28/1/2019).

Riza mengatakan bahwa maksud Hashim tersebut ialah tidak melarang terkait dengan datangnya dukungan untuk Prabowo. Bahkan menurutnya, anak atau cucu dari keluarga PKI memiliki hak yang sama dengan masyarakat lainnya.

“Termasuk dulu bapak atau kakeknya PKI, anaknya kan warga negara Indonesia yang punya hak yang sama. Kita tak boleh membedakan,” kata Riza.

Sebelumnya, Hashim mengungkapkan tak menutup kemungkinan kubunya menerima dukungan dari anak atau cucu PKI. Hal itu dikatakan Hashim semata-mata untuk memenangkan Prabowo Subianto – Sandiaga Uno di Pilpres 2019.

“Bahkan, dukungan dari anak cucu dan cicit PKI, kami terima. Asalkan Prabowo tidak dibawa ke arah palu arit ,” tutur Hashim.