CEK FAKTA: TKA China Punya KTP Cilacap Atas Nama Karsono, Benarkah?

Suara.com – Sebuah video yang merekam pembicaraan dua orang antara seorang laki-laki yang disebut sebagai warga China dengan seorang satpam atau sekuriti viral di Facebook .

Dalam video berdurasi 30 detik itu memperlihatkan seorang petugas sekuriti bertanya kepada seorang pekerja yang diduga asal China. Sang pekerja yang tidak bisa berbahasa Indonesia tampak kebingunan mendengar pertanyaan sekuriti yang bertanya dengan bahasa Indonesia bercampur bahasa Jawa dan Inggris.

Karsono, your name,” tanya sang sekuriti sembari mengecek kartu identitas pekerja China itu.

Video yang diunggah oleh akun bernama Wahyu Dasuki itu kemudian viral di Facebook dan sudah 200 ribu kali tayang dan dibagikan sebanyak 5.480 kali.

Selain mengunggah video itu, akun tersebut juga menambah narasi tentang video tersebut.

Ini kejadian di PLN PLTU Cilacap , Bunton, Adipala, orang Cina tidak bisa berbahasa Indonesia apalagi bahasa jawa Banyumasan tapi punya KTP Cilacap atas nama Karsono, payah kie Camat dan Bupatine kalau bener2 terjadi..,” tulis akun tersebut.

Fakta

Dari hasil penelusuran, di mana kejadian itu juga sudah diperiksa oleh Kantor Imigrasi Cilacap, Jawa Tengah, kartu identitas yang diserahkan oleh pekerja itu ternyata kartu ID alias bukan KTP. Dan nama yang ada di kartu tersebut juga bukan Karsono.

Sementara dari penelusuran oleh Turnbackhoax.id menyebut, konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah. Di mana sebenarnya dalam video itu, petugas keamanan menegur tenaga kerja asing karena tidak mengenakan helm.

Kesimpulan

Kabar soal TKA China memiliki KTP Cilacap atas nama Karsono salah. Di mana narasi dalam video tersebut tidak sesuai fakta yang sebenarnya.