Cari Pengganti Sandiaga Uno di Kursi Wagub, Anies: Tak Ada Lobi Kanan Kiri

Suara.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengklaim belum menjalani komunikasi dengan ketiga calon wakil gubernur yang akan mendampinginya nanti. Menurutnya, tidak ada lobi-lobi politik antara dirinya dengan ketiga calon pengganti Sandiaga Uno , yakni Abdurrahman Suhaimi, Agung Yulianto serta Ahmad Syaikhu. 

Ketiga calon itu berasal dari kader Partai Keadilan Sejahtera atau PKS .

“Menurut saya jadi salah satu yang menarik bahwa kader-kader PKS yang diusung itu menjaga adab, menjaga etika. Bahwa mereka menaati proses itu. Jadi, tidak ada kemudian lobi-lobi kanan kiri, itu sama sekali tidak ada. Justru ini yang menurut saya merupakan nilai tambah,” kata Anies usai menghadiri konsolidasi nasional PKS di Hotel Grand Sahid Jaya, Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (30/1/2019).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu juga memuji sosok ketiga kandidat cawagub itu lantaran dianggap bisa menjadi tauldan karena tidak mengejar jabatan semata.

“Menurut saya ini sebuah etika, sebuah adab berpolitik yang harus dijaga dan bisa dijadikan contoh,” jelasnya.

Hingga saat ini, ketiga cawagub itu masih melakukan safari politiknya ke berbagai fraksi di DPRD DKI Jakarta. Mereka sudah mengunjungi Fraksi PDIP, Partai Golkar, Partai Hanura, Partai Demokrat-PAN, dan PPP. Kemudian akan melanjutkan pertemuan dengan Partai NasDem, PKB, dan Gerindra.

Ketiga cawagub juga sudah menjalani tes kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test yang digelar partai Gerindra dan PKS. Rencananya proses tersebut rampung dinilai panelis pada 11 Februari 2019.