Bangun Pompa Sedot di Kali Sentiong, PUPR Siapkan Anggaran Rp 450 Miliar

Suara.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat (PUPR) bakal menangkal banjir di Jakarta. Caranya, yakni dengan membangun sistem pompa untuk menyedot air di sungai.

Direktur Jenderal Sumber Daya Air, Hari Suprayogi mengatakan, sistem pompa tersebut akan dibangun di daerah kali Sentiong , Jakarta Utara. Menurutnya, sistem pompa tersebut akan menyedot air yang meluap di kali Sentiong sehingga bisa meminalisir banjir di Jakarta Utara dan sekitarnya.

“Sebab kalau musim hujan tidak dipompa, nanti daerah Sentiong banjir, maka ditolong dengan pompa. Itu kan sudah dekat dengan pantai dengan laut, nanti ditutup dia (pompa) memompa,” ujarnya di Kantor Kementerian PUPR , Jakarta Selatan, Rabu (30/1/2019).

Hari mengungkapkan, sistem pompa tersebut bisa memompa air sebanyak 50 meter kubik per detik. Dia melanjutkan, sistem pompa tersebut bukan hanya untuk kali Sentiong saja, tetapi juga sungai yang di sekitarnya.

“DAS Sentiong sampingnya itu wilayah Kelurahan Sunter dan termasuk menarik kali Item itu. Supaya kita tarik airnya kan itu mengendap disitu antara sentiong sama sunter dia enggak bisa kemana-mana. Kalau dengan itu (pompa) Insha Allah nanti bisa ketarik,” tutur dia.

Hingga kini, tambah Hari, pembangunan sistem pompa tersebuy masih dalam tender kontraktor. Ditargetkan, pembangunan sistem pompa tersebut bakal selesai pada 2021.

“Anggarannya itu Rp 450 miliar. Ini kan masih mau tender, targetnya tahun 2021,” pungkasnya.