Bamsoet: Sepeda Motor Masuk Jalan Tol Kurangi Angka Kecelakaan

Suara.com – Ketua DPR RI Bambang Soesatyo kembali mendorong pemerintah untuk serius menanggapi usulannya yakni para pengguna sepeda motor bisa melaju di jalan bebas hambatan atau jalan tol . Dirinya ingin pemerintah juga memiliki keberpihakan kepada pengendara kendaraan roda dua.

Politisi Golkar yang akrab disapa Bamsoet itu menjelaskan, seharusnya pemerintah semakin peduli kepada masyarakat yang hanya mampu membeli sepeda motor. Menurutnya tidak ada aturan yang melarang kendaraan roda dua masuk ke dalam jalan tol.

“Jadi harus ada keberpihakan dari pemerintah bagi pemakai motor menggunakan jalan dan menikmati hasil pembangunan negaranya,” kata Bamsoet di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Rabu (30/1/2019).

Selain itu, menurutnya pengadaan jalur khusus di jalan tol bagi para pengendara motor malah memperkecil angka kecelakaan. Dirinya membuktikan hal itu pada tol Bali Mandara yang dibangun sejak 2013.

Jalan tol di atas air itu menyediakan jalur khusus untuk pengguna motor. Hal itu tertuang di dalam Peraturan Pemerintah Nomor 44 tahun 2009.

“Justru dengan adanya jalur tol khusus ini mengacu pada data kecelakaan di Bali, justru lebih kecil. Karena satu jalur sehingga satu arah tidak ada potensi bertabrakan dari yang berlainan arah,” ujarnya.

Bamsoet kemudian melihat kecilnya kemungkinan para pemotor bisa kebut-kebutan di jalur khusus. Pasalnya, ruang yang diberikan bagi pengendara motor hanya 2,5 meter.

Terlebih menurutnya dengan adanya jalur khusus bagi pengendara motor di jalan tol, bisa membantu memperkecil kemacetan di jalan-jalan non tol. Bamsoet menyatakan kalau ada tarif yang diberikan kepada pengendara motor meskipun jumlahnya tidak sebesar pengendara roda empat.

“Tapi mungkin lebih rendah dan sangat rendah karena ini soal keberpihakan saja,” pungkasnya.